Senin, 05 Januari 2015

7 Cara paling aman untuk belanja online





Saat ini online shop mewabah di mana-mana. Saat ini sudah banyak social media yang mendukung berbelanja online. Jadi belanja online membuat semuanya lebih cepat, enggak usah gerak jalan, dan mudah.


Hari ini, masih dalam suasana Imlek, Koko Enad akan memberikan beberapa tips untuk berbelanja di online shop.

1. Cek Dana
Yang pertama harus kamu lakukan sebelum berbelanja pastinya adalah dengan ngecek doku dulu. Berapa yang kamu bisa belanjain dan berapa yang harus kamu keep untuk tabungan. Nah setelah itu baru deh kamu bisa pilih barang-barang apa yang sesuai budget kamu untuk dibelanjain.

2. Memilih Online Shop
Jangan asal pilih online shop untuk berbelanja, karena bisa berabe kalo kamu kena tipu-tipu penjualnya. Pastiin baca-baca dulu history penjualan barangnya. Liat testimoni orang-orang, pastiin kamu tau bio dia kayak nomer HP, posisi penjual, dan keterangan lainnya. Ada baiknya kamu belanja di tempat yang udah direkomendasiin temen kamu sendiri atau malah emang punya temen kamu. Jadi bisa lebih aman pas berbelanja.

3. Sesi Pembayaran
Jangan lupa untuk cek harga pasaran dari barang yang kamu beli. Dengan begitu kamu ketipu dengan harga buatan dari sang penjual. Mayan kan kalo dia jualnya dua kali lipet tapi ternyata barangnya sama persis. Ati-ati juga ketipu sama foto barang. Biasanya seller yang recommended suka ngasih watermark di fotonya biar ketauan kalo itu emang barang punya dia sendiri bukan asal comot dari internet.

Nah, ngomongin sesi pembayaran, akan jadi hal yang mudah kalo emang ol shop-nya adalah milik temen kamu. Tapi kalo kamu gak kenal sama sekali, pastiin kamu baru transfer kalo udah tau dengan jelas keterangan si penjual seperti yang tadi di poin nomer 2. Nah, ada juga yang pake sistem rekber. Jadi akan ada perantara alias orang ketiga yang akan megang duit kamu dulu, sampe barang yang dikirim terkirim dengan baik dan sesuai dengan kriteria, baru deh si penjual dapet duitnya dari sang perantara.

Jangan lupa juga untuk cek apakah barang yang dikirim udah terkirim dan sampai di rumah kamu, tergantung dari masa pengiriman sesuai ekspedisinya. Kalo udah lewat dari waktu normal, kamu bisa minta nomer resi pengiriman dari si penjual biar barangnya bisa dicek langsung.

4. Testimoni
Kalo kamu udah nerima barang dari si penjual dengan baik, maka kamu ada baiknya ngasih testimonial juga ke dia. BIar hubungan antara seller sama buyer bisa lebih oke lagi. Ya mana tau aja kan di pembelian berikutnya kamu dikasih diskon sama dia? Ca’em kan tuh?!

5. Jangan Males Baca
Nah ini emang poin terakhir, tapi bisa dibilang yang paling penting. Sebenernya poin ini bukan cuma buat belanja online, tapi buat apa pun. Pas kalian mau beli sesuatu di ol shop biasain jangan males baca. Soalnya sering banget kan kita liat di Instagram, atau di FB, udah ditanyain di atasnya eh di bawahnya nanya lagi. Kan yang jual pegel, kasian. Jadi baca dulu deskripsi dengan jelas, nah kalo ada yang gak ada di situ baru deh kalian tanyain.
6. Gunakan pihak ke 3 yang terpecaya
Nah ini paling sangat cara paling ampuh jika agan masih kurang percaya sama penjualnya, karena reputasinya masih kurang bagus. Agan bisa gunain jasa perantara, ya kalau di kaskus sih ada blackpanda dan temen temenya

7. Gunakan sistem COD (Cash On Delivery)
Ya sistem ini kini mulai digunakan oleh online - online shop, karena tujuanya agar memberikan rasa yang lebih aman kepada para pembelinya. Menurut saya ini hal yang cukup positif, karena untuk mengurangi pembohongan / penipuan online

Biasain juga liat foto-foto sebelumnya, karena bisa aja ada foto dengan deskripsi berantai alias nyambung. Oke-oke, biar kalian bisa belanja dengan nyaman biasain jadi smart buyer juga yah!

Demikian yang gua bisa sampein, semoga ilmu belanja ini gak kalian terapkan dengan sepenuh hati karena dapat menyebabkan kekurangan uang di dalam kehidupan kalian.

Selamat berbelanja!!


EmoticonEmoticon