Sabtu, 17 Januari 2015

Cara Upgrade kernel Ubuntu ke Versi terbaru


Meskipun upgrade kernel tidak terlalu dianjurkan, karena meskipun kernel terbaru rilis dengan berbagai perubahan dan penambahan fitur khususnya masalah deteksi hardware pada PC/notebook kita, namun belum tentu perubahan pada kernel terbaru menjanjikan kesempurnaan pada PC/notebook yang kita gunakan, bisa jadi malah kernel terdahulu lebih baik dan cocok buat hardware yang kita miliki. Namun jangan takut, tentunya secara umum dan realitanya update kernel lebih menyetabilkan sistem terutama pada autodetect terhadap hardware.

Upgrade/update kernel tidak sulit, dan ada beberapa pilihan cara yang bisa kita pilih, bebas! ada yang cepat dan simple ada pula yang mudah  tapi agak memakan waktu, yaitu mengkompile sendiri kernel linux.

NB: Bagi sobat pengguna AMD yang sebelumnya install driver VGA AMD catalyst, lebih baik tidak mengganti Kernel yang sudah ada, karena akan terjadi berbagai masalah. atau meromove Driver AMD, silahkan baca tulisan ini Menghapus Driver ATI Dengan Baik di Ubuntu Linux 12.04 di blog Kang Pupil salah seorang mastah di Ubuntu-Indonesia.com juga bila sudah terinstall Virtualbox lebih baik di remove dulu, setelah sukses upgrade kernel virtual box bisa di reinstall, tapi pengalaman pribadi saya, notebook saya terinstall oracle vm Virtualbox tapi tak terjadi masalah apa2, tapi namanya jaga2 silahkan remove dulu.

oke sobat, langsung ke tutorial:

1. buka http://kernel.ubuntu.com/~kernel-ppa/mainline/ Pilih versi yang sobat inginkan : 
Download yg v3.19(Beta) atau v3.18.3(Stable)

Jangan download semua file yang ada di dalam Folder itu,perhatikan dulu keterangan di bawah..

Untuk x86 / 32-Bit :
Untuk x64 / 64-Bit :




Setelah Selesai download, masukkan semua dalam satu folder baru, misal saya bikin folder Kernel3.19 di home/<nama user>/Kernel3.19, lalu ikuti cara selanjutnya :

buka terminal Alt +Ctrl + T buka perintah: cd ~/Kernel3.19
lalu ketik lagi perintah: sudo dpkg -i *.deb


Tunggu... begitu selesai reboot PC/notebook.

Rasakan perbedaannya kalo ternyata ada error hapus kernel anda dan kembali ke kernal sebelumnya yang lebih cocok dan sesuai dengan hardware, tapi insya allah versi terbaru lebih semoth dan banyak perbaikan.


Untuk Cek kernel nya tinggal buka Terminal / Ctrl-Alt-T lalu ketikkan uname -r























































































































EmoticonEmoticon