Sabtu, 20 Desember 2014

Inilah fitur permintaan User untuk Windows 10

Inilah Daftar Teratas Permintaan Fitur dari User untuk Windows 10


Keberadaan konsumen atau user sangat menentukan dalam jumlah keuntungan yang diraup sebuah perusahaan. Semakin produk dari perusahaan memuaskan konsumen, maka akan banyak konsumen lain yang berdatangan. Microsoft mulai menyadari adanya faktor ini dan tengah mencoba memperbaiki hubungannya agar lebih dekat dengan user.
Microsoft tidak ingin jatuh di lubang yang sama seperti saat sebelumnya. Banyak user yang menyesal karena telah membeli Windows 8 dan masih banyak yang lebih memilih menggunakan Windows 7. Bahkan banyak yang masih menggunakan Windows XP meskipun supportnya telah dihentikan. Ini karena Microsoft sebelumnya tidak benar-benar peduli apa yang diinginkan user. Tapi sekarang cerita itu sudah berlalu dan Microsoft sudah menemukan solusinya.
Lewat tools UserVoice, Microsoft menerima saran dan ide yang diinginkan oleh user. Dengan begini mereka dapat dengan mudah mengembangkan fitur yang benar-benar dibutuhkan user. Semakin banyak vote dari sebuah fitur di UserVoice, Microsoft akan mulai memperhatikannya dan akan menerapkannya di produk milikinya.
Berikut ini daftar teratas permintaan fitur dari user untuk Windows 10. Kalau salah satu fitur tersebut ada yang ingin kamu dukung, kamu bisa memberikan vote. Semakin banyak jumlah vote maka semakin besar kemungkinan Microsoft akan menanggapinya.

Kembalikan Aero Glass

Windows 10 Aero Glass
Aero Glass pertama kali datang di Vista, perannya saat itu benar-benar membuat Windows tampak keren dan elegan. Pada saat itu tampilan taskbar dan window terlihat transparan membuat orang tertarik. Sedangkan Windows 8 dirilis dengan tampilan flat, banyak orang yang belum bisa melupakan Aero Glass, meminta Microsoft mengembalikannya di Windows 8. Meskipun sebenarnya ada Aero Glass untuk Windows 8, tapi itu merupakan dukungan dari aplikasi pihak ketiga, terlebih lagi membutuhkan baterai laptop cepat habis.
Saat ini vote permintaan fitur ini sudah cukup banyak. Banyak pengguna desktop dan hardware yang dimilikinya mendukung fitur ini. Banyak pula pengguna desktop yang tidak menyukainya. Tapi setidaknya jika Microsoft menambahkan fitur Aero Glass, user punya pilihan bisa menggunakannya atau tidak.

Tambahkan Tab di File Explorer

Tab Explorer Windows 10
Fitur tab telah ada selama bertahun-tahun. Kamu mungkin akan sering menemukannya di browser, memungkinkan kamu untuk berpindah dari satu situs ke situs yang lain dengan mudah. Tapi sebenarnya fitur tab ini ada di segala macam software dan semuanya memang memudahkan user. Anehnya Microsoft tidak menyadari bahwa fitur ini juga sangat dibutuhkan user untuk ada di File Explorer. Kamu mungkin sering membuka banyak File Explorer untuk melakukan aktifitas copy, paste, move, upload atau download.
Berdasarkan ide tersebut, sebuah permintaan fitur ini telah ada di UserVoice. Saat ini vote sudah mencapai puluhan ribu, jika kamu merasa fitur ini bermanfaat silahkan bantu vote. Tentu buat kamu yang setiap hari bergelut dengan file pasti menginginkan fitur ini.

Custom Login Screen

Login User Windows 8
Login Screen di Windows 8 sangat berbeda dengan Windows 7, tampilannya benar-benar membosankan. Tak ada daya tarik sama sekali disana, hanya ada user picture, kolom password dan background warna dari tile. Microsoft benar-benar merombak tampilan Windows 8 dari tampilan sebelumnya dan mementingkan desain modern UInya. Berbeda dengan Windows 7 yang tampil sangat anggun.
Kenyataannya banyak user yang meminta fitur Login Screen bisa dicustom, misalnya saja memberikan background. Dengan begini tampilan Windows tidak akan lagi membosankan. Ide yang simpel memang, tapi karena Windows memang mencerminkan personalitas, kenapa tidak? Buat kamu yang ingin fitur ini ada di Windows 10, silahkan bantu vote.

Update Gratis dari Windows 8 ke Windows 10

Kalau kamu ingin upgrade Windows versi terbaru maka kamu harus membayarnya. Ini adalah aturan dasar bagi pengguna Windows. Sebagai contoh, dari versi Windows XP ke Windows 7 maka kamu harus membayar kurang lebih satu juta. Ini membuat banyak user yang melakukan permintaan agar bisa upgrade gratis ke Windows 10 dari Windows 8. Sementara itu beberapa rumor mengatakan kalau Windows 10 akan digratiskan untuk semua orang, faktanya itu tidak mungkin terjadi. Windows masih merupakan sumber uang terbesar untuk Microsoft.
Ada vote yang menginginkan hal tersebut. Sebenarnya ini ide bagus daripada harus menggratiskannya ke semua orang. Ini berarti akan lebih banyak user yang tertarik dengan Windows 10, daripada harus menggunakan sistem operasi yang lawas seperti dari Windows XP ke 7. Namun daripada upgrade gratis seperti Windows 8 ke Windows 8.1, banyak user yang mengusulkan untuk membayarnya lewat Store.

Gabungkan PC Settings Dengan Control Panel

zPC Setting Windows 10
PC Settings dibuat Microsoft untuk menawarkan cara pengaturan yang lebih sederhana dan mudah untuk user, terutama untuk mereka yang menggunakan device touchscreen. Tapi banyak penguna yang bingung, antara PC Settings dan Control Panel yang sebenarnya memiliki fungsi yang sama. Pengaturan Windows ada di dua tempat benar-benar membingungkan dan merepotkan.
Bahkan beberapa pengaturan ada dua tempat tersebut, sementara pengaturan lain ada di tempatnya masih-masing. Bila kedua utility ini digabungkan maka user tidak perlu bingung dan bisa mengatur device dari satu tempat saja. Oleh karena itu ada vote untuk menggabungkan keduanya, jika kamu berpikiran yang sama maka silahkan bantu vote tersebut.
Jika kamu ingin upgrade gratis dari Windows 8 ke Windows 10, silahkan berikan dukungan vote juga.

Windows Update Mendukung Semua Driver

Jika kamu menemukan masalah driver pada Windows, kamu tidak sendirian. Saat pertama kali kamu menginstall Windows, pasti ada saja driver yang harus kamu update untuk mendukung hardware dengan OS. Kamu harus mendownload driver dari situs resmi atau berburu di dunia maya. Terlalu banyak membuang waktu dan kurang praktis. Bukankah lebih bagus kalau itu tersedia bersamaan dengan Windows Update?
Saat ini memang Windows sedikit mendukung update driver, tapi itu tidak semua perusahaan hardware dan tentunya tidak lengkap. Fitur ini sangat membantu user, memastikan mereka bisa mendownload secara otomatis dan akurat di dalam satu tempat. Tidak bergantung pada tools lain yang bisa menjadi membahayakan sistem Windows.
Kalau kamu merasa fitur ini sangat penting dan dibutuhkan, silahkan berikan vote untuk membantu user lain.

Mendukung Lebih Banyak Tipe File Compress

Zip bukan satu-satunya format file compress yang ada saat ini, tapi itu hanya format yang didukung oleh Windows. Masih banyak file compress yang populer tapi tidak didukung oleh Windows. Kamu harus menginstall aplikasi pihak ketiga untuk bisa membaca file compress seperti RAR atau 7zip. Mengompress file sangat bagus untuk beberapa alasan.
Dengan adanya masalah di atas, vote untuk dukungan Windows 10 untuk berbagai file compress telah dibuka. File compress dengan format .rar, .7z dan .bz2 adalah yang diminta user. Memang tidak sulit untuk mendownload tool-tool yang bisa membaca format file compress tersebut. Tapi jika di Windows 10 format file compress tersebut ditambahkan sebagai default, maka akan sangat memudahkan user. Membuat Windows 10 lebih mendukung file compress populer lainnya, sehingga user tidak perlu lagi mendownload aplikasi pihak ketiga.

Semua Icon Didesain Ulang

Explorer Windows 10
Meskipun mungkin ini bukan fungsi utama, tapi tampilan visual dari suatu sistem operasi sangat menentukan pengalaman sistem operasi dengan user. Walaupun saat ini Microsoft sudah memperbarui icon mereka, permintaan untuk desain ulang lagi telah muncul.
Windows 10 Preview memang sudah mendapatkan update icon untuk beberapa tempat, tapi tidak diketahui apakah seluruh icon akan mendapatkan perbaikan tampilan lagi. Ini pasti akan terjadi, karena icon yang lama tidak akan cocok dengan tampilan OS yang sekarang.

Peningkatan Metode Install/Uninstall

Kegiatan Install dan Uninstall di Windows adalah hal yang lumrah bagi user, tidak jarang kita sering menginstall banyak software yang ternyata tidak dibutuhkan. Tapi kegiatan install dan uninstall aplikasi di Windows ini sebenarnya sangat rumit, menambahkan puluhan bahkan ratusan file ke sistem Windows. Ada file seperti cache, file sampah, registry key tetap bersemayam di system walaupun aplikasi sudah di-uninstall. (Baca: Apakah Membersihkan Registry dapat Mempercepat Komputer?)
Alasan di atas cukup memunculkan ide baru di UserVoice, salah satu user ada yang berpendapat bahwa diperlukan desain ulang untuk installer exe software yang membuat OS tetap bersih dari file cache, file sampah atau registry key. Sehingga ruang hardisk tidak akan banyak termakan file tersebut. Sebagai contoh, hari ini banyak software yang didistribusikan secara terselubung oleh software lain saat proses installasi. Metode baru untuk proses installasi adalah langkah yang diperlukan untuk mengurangi serangan Windows dari bahaya seperti malware, virus atau adware.

Gaming Mode

Gaming Mode di Windows biasanya dibantu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, yang tugasnya mematikan hal-hal yang tidak diperlukan. Semua sisa resource tersebut akan dialihkan ke gaming mode, sehingga Windows bisa berjalan lancar saat kamu bermain game. Memang tidak semua gamer menggunakan tools ini, beberapa gamers menggunakannya karena spesifikasi PC atau komputer yang mereka gunakan sangat minim.
Jadi buat kamu para gamers di Windows, silahkan bantu vote penambahan fitur game mode di Windows. Dengan begini kamu tidak perlu menginstall aplikasi pihak ketiga yang biasanya berisi adware atau software sampah lainnya.

Peningkatan Aplikasi Notepad

Contoh Notepad dengan Fitur Extra
Notepad sudah ada sejak Windows 1.0 dan bahkan termasuk di dalam semua sistem operasi lainnya. Ini adalah aplikasi yang sangat dasar untuk dimiliki sistem operasi dan tidak akan berubah ke tahun-tahun berikutnya. Karena aplikasi ini adalah dasar dari OS, tidak banyak fitur yang ada di dalamnya. Notepad hadir dengan tampilan dan fitur yang sederhana, padahal banyak user yang berpikir sudah waktunya itu harus diperbaiki atau ditingkatkan.
Tapi ada user yang akan menyelamatkan kita dari masalah ini, sebuah vote untuk meningkatkan aplikasi Notepad telah dibuka. Beberapa fitur seperti pemrograman dan penulisan harus di perbaiki, misalkan saja proses Undo yang sangat minimal. Hanya bisa digunakan untuk beberapa langkah sebelumnya. Meskipun alternatif untuk Notepad memang ada. Tapi kalau Windows 10 menawarkan aplikasi Notepad dengan fitur yang telah ditingkatkan, memiliki fungsionalitas, dan masih mempertahankan resource yang ringan, ini akan sangat baik.

Ayo Voting Fitur yang Kamu Inginkan!

Sebagai user yang cerdas dan benar-benar mencintai Windows, kamu harus benar-benar memikirkan fitur yang akan ada di Windows masa depan. Microsoft telah membuka jalan bagi user, kamu bisa berpendapat fitur apa yang benar-benar diinginkan orang-orang untuk sistem operasi yang mereka gunakan. Masih ada waktu untuk kamu yang ingin menuangkan ide fitur di Windows 10.
 
Microsoft sedang memantau vote, kalau kamu menyarankan fitur yang sangat berguna, bukan hal yang tidak mungkin fitur tersebut akan menjadi bagian dari Windows 10.

Source : www.Winpoin.com


EmoticonEmoticon